Bukit Jokowi merupakan salah satu dari sekian banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi wisatawan saat berkunjung ke Kota Jayapura

West Papua Tabloid – Beberapa waktu lalu, ada sebuah bukit kering yang ditumbuhi rerumputan liar dan ilalang. Namun, masuknya Presiden Jokowi pada tahun 2016 mengubah bukit tersebut menjadi destinasi wisata yang menarik. Alhasil, bukit itu diberi nama Bukit Jokowi.

Bukit yang terletak di tanah Langit ini menawarkan pepohonan hijau yang terlihat menyegarkan mata, berpadu dengan warna merah jembatan Holte kamp 733 meter. Uniknya, Bukit Jokowi langsung menghadap Samudera Pasifik. Oleh karena itu, bukit ini juga menjadi perbatasan antara Papua dan Papua Nugini.

Bukit Jokowi Destinasi Favorit Di Jayapura Papua

Bukit Jokowi merupakan salah satu dari sekian banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi wisatawan saat berkunjung ke Kota Jayapura, Papua. Selain menawarkan spot-spot Instagramable, bukit yang identik dengan nama Presiden Joko Widodo ini juga memiliki sederet fakta menarik yaitu jarang diketahui oleh wisatawan.

West Papua Tabloid – Seperti dilansir dari kumparan.com, bukit Jokowi adalah gunung yang tandus sebelum dikenal sebagai tempat wisata seperti itu dikenal sebagai tempat wisata seperti sekarang ini. Padahal, bukit ini menyuguhkan panorama Kota Jayapura dari ketinggian. Dari tempat ini, wisatawan disuguhkan pemandangan Teluk Youtefa, perbukitan Skyline, dan hamparan panorama alam Hutan Mendug, serta desa Enggros dan Tobati. Selain itu, Bukit Jokowi juga memamerkan jalan layang sepanjang 3,5 km dari Pantai Hamadi menuju Vihara di Skyland.

Menurut pengelola Bukit Jokowi, Erik J. Korwa, keamanan di Bukit Jokowi terjamin karena melibatkan pemuda dan tokoh masyarakat setempat.

Tempat wisata ini juga melarang pengunjung membawa dan mengkonsumsi minuman keras dan obat-obatan terlarang. “Saya tidak diperbolehkan minum alkohol dan narkotika atau apa pun. Masyarakat juga menanam pohon ganja agar warga dan anak-anak mengenali pohon ganja tapi tidak mengkonsumsinya,” jelas Korwa seperti dikutip dari situs resmi Pemerintah Kota Jayapura.

Selain menawarkan berbagai spot foto, Bukit Jokowi memiliki fasilitas yang lengkap untuk wisatawan, mulai dari mushola, toilet, hingga tempat parkir. Selain itu, bagi pengunjung yang ingin mengisi perut juga terdapat warung-warung unik berupa rumah dan losmen Honai. Harganya pun bersahabat. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai makanan dan minuman, seperti kelapa muda, mie rebus, kopi, dan teh panas.

Untuk mencapai Bukit Jokowi, wisatawan harus menempuh perjalanan darat selama 30 menit dari Kota Jayapura. Sedangkan bila berangkat dari Abepura, kita hanya membutuhkan waktu 15 menit. Harga tiketnya juga cukup terjangkau. Kita hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp10 ribu hingga Rp20 ribu per orang.

Jika Anda berkunjung ke Papua, belum lengkap rasanya jika belum mengunjungi bukit tersebut. Momen PON Papua ke-20 juga diprediksi akan menyemarakkan destinasi wisata baru ini. Setidaknya, ada tempat menarik untuk dikunjungi di Papua yang menggunakan nomenklatur nama Jawa.

Read More: Luar Biasa PON Papua Ke-20 Tingkatkan Potensi Ekonomi Lokal