lionfish papua barat

Pulau Waigeo adalah pulau yang berada di Papua Barat di bagian timur Indonesia

Dikenal juga dengan nama Amberi atau Waigiu. Pulau Waigeo adalah pulau terbesar dari empat pulau utama dari Kepulauan Raja Ampat yang berada di papua barat, Pulau ini berada diantara Pulau halmahera dan Pulau Papua dengan jarak sekitar 65 km barat laut Pulau Papua. Pulau Waigeo merupakan rumah bagi objek wisata juga merupakan pulau paling mudah dijangkau dengan transportasi umum, Pulau Waigeo menawarkan spot diving, pulau-pulau batu karang, teluk yang indah berdinding tebing yang menjulang, hutan yang menawarkan interior pengamatan burung, dan pilihan akomodasi termurah di antara gugusan pulau di Raja Ampat ang berada di papua barat.

 

Pulau Waigeo merupakan pulau termudah yang bisa di jangkau oleh transportasi umum, meskipun untuk menjelajahi pulau yang penuh dengan keragaman ini masih menjadi tantangan tersendiri. Pulau Waigeo menawarkan panorama berupa pulau-pulau karang, teluk yang indah yang dikelilingi oleh tebing yang menjulang tinggi, kawasan hutan dengan birdwatching yang baik, dan pilihan akomodasi termurah. Pulau Waigeo yang berada di papua barata dalah tempat yang tepat untuk mengawali eksplorasi keindahan dan keajaiban alam Raja Ampat.

Pulau Waigeo memiliki kawasan hutan liar yang cukup luas yang sebagian besar masih belum dieksplorasi dan tidak dapat diakses. Di pulau ini kita akan menemukan berbagai macam spesies hewan yang menakjubkan, seperti burung Cendrawasih (Bird of Paradise) yang sagat terkenal di dunia, oposum, ular, kura-kura,kadal raksasa, bangau berbulu, dan lain lainnya.

 

Salah satu kegiatan wisata yang paling populer di Raja Ampat adalah Ampat memiliki jumlah dan keragaman biota laut yang menakjubkan. Kita dapat menyelam dan berenang diantara kelompok ikan berwarna-warni disepanjang terumbu karang. Sementaraitu, pada kedalaman sekitar 30 meter di sepanjang Pantai Waiwo, kemungkinan besar kita bisa mendapat kesempatan untuk melihat hiu karang putih serta hiu karang hitam yang biasanya terlihat sedang tertidur atau berpatroli di perairan Raja Ampat yang berwarna biru jernih.

 

Selain untuk menyelam, PulauWaigeo yang berada di papua barata juga menjadi tempat fotografi bawah laut yang sangat baik karena memiliki kekayaan keanekaragaman hayati yang cukup besar dan juga biotalaut yang eksotis.

Berbagai macam spesies yang dapat kita lihat di tempat ini diantaranya mencakup berbagai jenis nudibranch, naga laut, stripfish biru bergaris, kuda laut kerdil, kura-kura laut hijau, napoleonwrasse raksasa, dan lionfish.

 

Dari Bandara di Sorong kita dapat menyewa moda transportasi untuk menujuke pelabuhan Sorong. Dari pelabuhan Sorong selanjutnya kita menuju ke Waisai dengan menggunakan perahu yang bisa kita tempuh selama 2 hingga 3 jam. Di Waisai kita bisa menyewa sepeda motor untuk menuju ke homestay atau hotel.