Kegiatan Strategis Pemprov Papua Barat Periode 2015 2019

Kegiatan Strategis Pemprov Papua Barat Periode 2015-2019

Prioritas percepatan pembangunan dalam rangka pengembangan wilayah Provinsi Papua Barat, pada periode2015-2019 ditekankan pada beberapa sektor. Di sektor perhubungan darat, yang menjadi prioritas adalah pembangunan jalur keretaapi Sorong-Manokwari dan pembangunan sejumlah ruas jalan, yaitu ruas jalan;

  • Mameh-Wendesi-Ambuni-Tandia;
  • Manokwari-Bintuni;
  • Sorong-Pelabuhan Arar;
  • ring road Raja Ampat;
  • Susumuk-Bintuni;
  • Tandia-Yahour;
  • Fakfak-Bourof-Windesi;
  • Yaur-Windesi-Mameh-Manokwari;
  • Manokwari-Sorong; dan
  • Kaimana-Bourof.

Di sektor perhubungan udara, yang menjadi prioritas adalah; pengembangan bandara Domine Eduard Osok, Bintuni,Rendani, Segun, dan Siboru serta pembangunan bandara Werur.

Sedangkan prioritas di sektor perhubungan laut adalah; pengembangan pelabuhan Kaimana, Owi, Teminabuan, Saunek, Kokas, Arar, Fak Fak, dan Sorong.

Pembangunan pelabuhan Seget, Biak,Saukorem, Abun, Bomberai, Maruni, dan fasilitas pelabuhan laut Arar. Di sektor angkutan sungai, yang menjadi prioritas adalah; pengembangan dermaga penyeberangan Raja Ampat, Kaimana, Fak-Fak, Arar, Waigeo, dan Folley.

Di sektor tenaga listrik, PemprovPapua Barat menempatkan pembangunan PLTU Klalin (30 MW), PLTMG Mobile PP Manokwari (20 MW), PLTU Andai (14 MW),PLTMG Fak-Fak (10 MW) dan PLTMG Bintuni (10 MW) sebagai prioritas yang harus segera diselesaikan.

Pengembangan jaringan transmisi serta distribusi telekomunikasi dan informatika, juga menjadi perhatian Pemprov Papua Barat untuk di prioritaskan, khususnya pembangunan backbone Palapa Ring, serat optik antar kabupaten/kota, dan pengembangan transmisi penyiaran TVRI.

Di sektor Sumber Daya Air, prioritas ditujukan pada kelanjutan pembangunan Bendung Wariori, peningkatan jaringan irigasi Oransbari (3.016 Ha) di Kabupaten Manokwari, pembangunan jaringan irigasi Mariyat (1.500 Ha) di Kabupaten Sorong,irigasi Rawa di Kabupaten Sorong (750Ha), dan irigasi Tambak Danau Ayamaru diKabupaten Maybrat.

Berikutnya adalah instalasi pengendalian banjir Sungai Aimasi, SungaiRansiki, Sungai Wariori, dan Sungai Tubhi serta instalasi pengaman pantai Pasir Putih,Wosi, Rendani, Kaimana, Rado, Miey,Biriosi, Wirsi, Maruni, Maripi, Oransbari,Ransiki, Tanjung Kasuari, Pulau Fani,Makbon, Sausapor, Seget, Sailolof, Kotamdan beberapa pantai lainnya yang berada di kabupaten Teluk Bintuni, kabupatenNabire, kabupaten Mimika, dan kabupatenManokwari Selatan.

Prioritas berikutnya adalah pembangunan beberapa Embung di sejumlah kabupaten, yaitu di kabupaten Raja Ampat,Sorong, Fak-Fak, Manokwari, Teluk Bintuni,Nabire, Sorong Selatan, Kaimana, dan Dogiyai.

Di sektor pendidikan, Pemprov Papua Barat memprioritaskan pembangunan SMP dan SMA berpola asrama. Sedangkan di sektor kesehatan, yang menjadi prioritas adalah pengembangan RS Daerah Kabupaten Sorong untuk praktek mahasiswa FK Universitas Negeri Papua dan mengusulkan pengembangan RS Pusat pada periode pembangunan jangka menengah berikutnya.