Pulau Misool, Surga Tropis yang tersembunyi di Raja Ampat, Papua Barat

Keindahan Pulau Misool di Raja Ampat West Papua

West papua – Tidak ada habisnya jika kita berbicara tentang keindahan alam Pulau Misool di Raja Ampat, Papua Barat. Ini populer sebagai “The Last Paradise” dan terkenal di kalangan wisatawan di seluruh dunia. Air biru kristal, gugusan pulau karst di tengah lautan, dan karang keras yang tumbuh diatas air hingga gua bawah laut adalah paket lengkap yang bisa kita lihat di Raja Ampat. Ini sangat menarik bagi semua orang ketika mereka melihatnya.

West papua – Keindahan Pulau Misool Ketika Anda akan ke Raja Ampat, pergi ke Pulau Misool dapat ditambahkan ke daftar Anda. Ini adalah salah satu pulau yang menakjubkan. Di lokasi ini, pengunjung dapat menikmati kehidupan bawah laut yang terkenal eksotik, dan kita bisa merasakan petualangan saat kita menaiki perahu Kajang.

Perahu Kajang adalah perahu kecil berukuran panjang 8 m dan lebar 2m. Ini adalah moda transportasi air kuno dan sangat terkenal saat itu. Bentuknya unik dan terbuat dari kayu, bambu, dan atapnya dari daun nipah. Perahu ini terbagi menjadi 3 bagian: bagian depan (kajang tarik), bagian tengah (kajang tetap) dan bagian belakang (kajang tunjang).

Orang orang saat itu menggunakan itu seperti rumah juga. Saat menaiki perahu ini, kita dapat menjelajahi bagian pulau Misool yang belum tersentuh dari sisi lain. Pulau Misool memiliki pasir putih yang indah di sepanjang pantai dan air yang jernih. Pemandangan ini sangat menyegarkan bagi para pengunjung pulau ini. Tak heran jika banyak orang menjadikan Misool Sebagai tempat favorit saat berkunjung ke Papua Barat. Ini tentunya surga tersembunyi di negeri surga terakhir.

Yang Dapat Anda Lakukan?

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan saat kita berada di Pulau Misool, seperti berkeliling pulau menggunakan perahu. Kita bisa melihat bagian eksotis pulau ini sambil melihat dari atas perahu dan menikmati angin sepoi sepoi. And ajuga bisa berkayak dan snorkeling untuk menikmati pemandangan kehidupan bawah laut lebih dekat. Juga, Anda dapat mengunjungi desa desa kecil di Misool untuk melihat kehidupan lokal.

Potensi Pengembangan Pulau Misool

Kedepannya Pulau Misool akan difungsikan sebagai geopark dengan kekayaan bentang alam geologi  yang unik, baik di atas permukaan laut maupun di bawah air. Terumbu karang dan pantainya memesona, dan gua guanya indah, ini (PulauMisool) terhitung sebagai warisan kuno dan juga situs kayak. Hal ini dapat menjadikan Pulau Misool sebagai kawasan wisata eksklusif.

Melestarikan Alam di Pulau Misool

Dengan potensi dan keindahan yang luar biasa ini, kita harus menjaga tempat ini seperti apa adanya. Kita harus menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan atau membuang limbah kimia berbahaya. Juga, kita tidak boleh menyentuh terumbu karang.

Salah satu cara melestarikan alam adalah dengan meningkatkan kapasitas masyarakat setempat tentang bagaimana mengelola pariwisata di Misool. Dengan demikian, masyarakat akan memahami pentingnya menjaga dan melindungi ekologi pulau ini. Ketika alam dihancurkan, kita akan kehilangan keaneka ragaman hayati yang kaya dan kehidupan laut yang megah ini. Itu tidak bisa dibuat ulang.

Cara Mencapai Pulau Misool

Jika Anda ingin mengunjungi Pulau Misool, Anda bisa melalui Sorong,Papua Barat. Transportasinya bermacam macam, dari speed boat dengan perkiraan waktu tiba sekitar4 jam atau dengan kapal besar dengan perkiraan waktu 8 jam.

Papua Barat memiliki potensi pariwisata yang besar, khususnya di Raja Ampat. Keaneka ragaman hayati laut terkenal di seluruh dunia, dan terletak di Segitiga TerumbuKarang. Dengan kehebatan ini, kita perlu menjaga dan melindungi potensi alam ini dengan hati hati, dan semua orang memiliki tanggung jawab untuk melestarikannya.

Read More: Transportation to Raja Ampat