LIMA FAKTA FENOMENAL PON PAPUA KE-20 2021

LIMA FAKTA FENOMENAL PON PAPUA KE-20 2021

Papua Barat – Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua ke-20 2021 telah usai. Pekan Olahraga Nasional ini seharusnya diadakan pada tahun 2020, tetapi karena pandemi Covid 19 tidak memungkinkan untuk mengadakan PON pada tahun 2020. Semua orang memahami bahwa pembukaan acara PON Papua ke-20 2021 berlangsung semarak pada hari Sabtu, Oktober. 2,2021. Acara yang digelar di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Nolokia, Sentani Timur, Kabupaten Jayapura ini dihadiri oleh Presiden Jokowi. Kemudian, penutupan tidak kalah meriah dan dihadiri Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin.

West Papua – Banyak hal spektakuler dan fantastik terjadi selama perhelatan PON Papua ke-20 ini. Mulai dari puluhan rekor yang dipecahkan dalam 24 hari pertandingan, fakta digelar di tengah pandemi, pembangunan fasilitas yang menghabiskan dana besar, megahnya stadion berkaliber internasional milik Papua, hingga akselerasi pencapaian Provinsi Papua yang melejit ke posisi keempat.

Sebuah pencapaian yang luar biasa disertai dengan kerja keras dan perjuangan yang tidak kenal lelah. Dalam hal menjaga ketertiban dan keamanan, aparat keamanan juga mampu menjamin keamanan selama pertandingan. Padahal, potensi ancaman dari kelompok separatis sangat nyata, dan berbagai pemberitaan media membesar-besarkan kekhawatiran akan kemungkinan terjadinya gangguan tersebut. Padahal, dari awal pembukaan hingga penutupan, tidak ada ancaman dan gangguan yang mengganggu pelaksanaan PON.

West Papua – Dari hal-hal luar biasa tersebut, dan seperti dikutip dari www.tagar.id, setidaknya ada lima fakta fenomenal terkait penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 2021.

1. Biaya Pembangunan Stadion Stadion Lukas Enembe membutuhkan waktu tiga tahun untuk dibangun hingga benar-benar siap digunakan. Stadion ini memiliki luas 13 hektar dan menghabiskan anggaran Rp 1,3 triliun untuk membangun Stadion Lukas Enembe di Papua.

2. Menjadi Stadion Termegah Kedua di Indonesia Stadion Lukas Enembe dikatakan sebagai stadion termegah kedua di Indonesia. Tak hanya itu, Stadion Lukas Enembe juga menjadi Stadion Terbaik Dunia 2019.

3. Perkenalkan Pertandingan Electronic Sports (Esports) Untuk pertama kalinya dalam sejarah Pekan Olahraga Nasional (PON), telah diperkenalkan Electronic sports (Esports) dan kompetisi untuk e football PES 2021, Free Fire, dan Mobile Legend.

4. Waktu Pelaksanaan PON Papua ke-20 2021 Demi kepentingan keselamatan bersama dan untuk mencegah penyebaran Covid 19, Pekan Olahraga Nasional (PON) akan dimulai pada tahun 2020, namun harus ditunda karena pandemi Covid 19. Oleh karena itu, Pekan Olahraga Nasional harus dimulai pada tahun 2021.5. Cakupan wilayah yang luas Pekan Olahraga Nasional ini mencakup wilayah yang sangat luas. Ada empat lokasi, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

• Kota Jayapura menyelenggarakan 14 cabang olahraga dengan 21 cabang olahraga.

• Kabupaten Merauke menyelenggarakan 6 cabang olahraga dengan 6 cabang olahraga.

• Kabupaten Mimika menyelenggarakan 9 cabang olahraga dengan 12 cabang olahraga.

• Kabupaten Jayapura menyelenggarakan 14 cabang olahraga dengan 22 cabang olahraga.