image 5

Lukas Enembe Gubernur Papua

Besarnya anggaran transfer ke daerah dan Dana Desa tahun 2017 untuk provinsi Papua menunjukkan komitmen pemerintah terhadap pelaksanaan desentralisasi dan keberpihakan pemerintah untuk membangun Indonesia dari pinggiran sesuai semangat Nawa Cita.

Oleh sebab itu pemerintah daerah harus menggunakan anggaran tersebut dengan patut dan tepat. Pemerintah kabupaten/kota diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan kapasitas perangkatnya agar dapat bekerja secara professional, baik dalam mengelola keuangan daerah maupun dalam pelayanan kepada masyarakat.

Seluruh Satker telah mempercepat penyerapan anggaran dengan memulai pra lelang proyek-proyek tahun 2017 di akhir tahun 2016, sehingga awal tahun 2017 semua kegiatan sudah berjalan efektif. Kegiatan-kegiatan pembangunan infrastruktur yang tertunda karena penghematan di tahun 2016 dilanjutkan di tahun 2017 dengan pagu yang ada dengan meningkatkan langkah monitoringdan evaluasi pelaksanaan belanja melalui sinergi dan koordinasi yang intensif antar jajaran pemerintah dan di perkuat dengan sistem berbasis teknologi informasi.

 

Kejar Target Rasio Elektrifikasi90 Persen di Papua

Staf Khusus Presiden Kelompok Kerja Papua, Lenis Kogoyapada 31 Oktober 2017 lalu menyampaikan bahwa pembangunan infrastruktur yang menghubungkan jalur tiap daerah terpencil di Papua sudah hampir selesai, baik jalur darat, udara maupun laut.

Kampung-kampung yang berada di daerah-daerah yang terpencil antar kabupaten sudah bisa ditembus. Selain itu juga sudah ada pelabuhan di Nabire, Sorong, Manokwari dan Jayapura.

Lenis berharap agar para Menteri terkait bisa turun ke lapangan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur di Papua, terutama tol laut dan pelabuhan-pelabuhan yang belum rampung.

Untuk lebih memudahkan akses masyarakat setempat, beberapa pintu masuk akan dibuka di Nabire. Sementara itu di Sorong dilakukan pelebaran jalan pelabuhan, sedangkan di Manokwari, dilakukan perluasan tempat penampungan.

PLN juga telah membangun dua pembangkit listrik mesin gas (PLTMG) diKampung Holte kamp, Jayapura sebesar 50megawatt (Mw) dan di Nabire sebesar 20 Mw.

Pembangunan ini merupakan tahap awal dariprogram 35.000 Mw listrik di tanah Papua. Selanjutnya PLN juga akan membangun cukup banyak pembangkit listrik di banyak lokasi di Papua dan Papua Barat seperti di Sorong, Fak-fak, Timika, Manokwari, Bintuni, Biak, Serui, dan Merauke untuk mencapai target rasio elektrifikasi 90 persen pada 2019.

Kebohongan Benny Wenda di Ungkap Ketua Komite Khusus Dekolonisasi PBB