Peningkatan Peran Global Indonesia Melalui Diplomasi Middle Power

Peran Global Indonesia Melalui Diplomasi Middle Power

Bergabungnya Indonesia dengan Melanesian Spearhead Group (MSG) antara lain merupakan bagian dari upaya untuk mereposisi kebijakan luar negeri Indonesia yang selama ini lebih memberi penekanan kepada negara-negara ASEAN dan negara Barat, menuju kepada Look east Policy.

Kehadiran Indonesia di MSG merupakan bagian dari upaya untuk mendekatkan diri dengan negara-negara di kawasan Pasifik, dan keikutsertaan Indonesia sebagai Associate Member MSG memberikan ruang bagi Indonesia untuk ikut terlibat secara aktif dalam program-program pembangunan di MSG untuk mencapai kesejahteraan bagi masyarakat di negara-negara anggotaMSG.

Strategi yang digunakan Indonesia untuk melakukan pendekatan di kawasan Pasifik Selatan, diantaranya adalah: Look east Policy; Prosper the Neighbour; dan regional Power Policy.

Keputusan Indonesia untuk bergabung kedalam forum Pasifik Selatan karena Indonesia merasa percaya diri dengan power yang dimiliki sebagai negara yang berpengaruh di kawasanAsia Tenggara.

 

Selanjutnya Indonesia mulai memberikan perhatian lebih kepada kawasan Pasifik Selatan.

Di bandingkan dengan negara-negaradi kawasan Pasifik Selatan, Indonesia memiliki keunggulan dari segi ekonomi, luas negara, dan pengaruh politik yang kuat.

Untuk menjadi negara yang berpengaruh di kawasan Pasifik Selatan,Indonesia masuk dengan cara yang smooth.

Dalam hal ini Indonesia menggunakan soft power dengan cara diplomasi yang mengedepankan identitas sebagai negara kepulauan, serta melalui peningkatan peran global melalui diplomasi middle power yang eksis dan berkontribusi bagi dunia Internasional yang menempatkan Indonesia sebagai kekuatan regional dan kekuatan global secara selektif dengan memberikan prioritas kepada permasalahan yang secara langsung berkaitan dengan kepentingan Indonesia.

Arah kebijakan luar negeri Indonesia di era Presiden Jokowi saat ini adalah diplomasi ekonomi.

Kapasitas diplomasi Indonesia di bidang ekonomi ini sangat membantu Indonesia untuk berkiprah di kawasan Pasifik Selatan.

Diplomasi ekonomi ini bertujuan untuk menopang kemandirian ekonomi di lingkup nasional dan juga internasional, karena dengan tingginya tingkat ekonomi Indonesia dibandingkan dengan negara-negara dikawasan Pasifik Selatan, maka Indonesia bisa memanfaatkan hal ini untuk memberikan bantuan kepada mereka.