Pemkab Nabire Gandeng Tim Saber Pungli

Tingkatkan layanan Publik Pemkab Nabire Gandeng Tim Saber Pungli

Dalam upaya meningkatkan pelayanan publik dan menciptakan Pemerintahan yang bersih, Pemkab Nabire menggandeng tim satuan tugas sapu bersih pungutan liar (satgas saber pungli).

Bupati Nabire Isaias Douw melalui pesan tertulisan yang dibacakan Wakil Bupati Nabire, Amirullah Hasyim meminta semua pihak khususnya Tim Saber Pungli Kabupaten Nabire untuk bekerja dengan tegas dan jujur dalam rangka memberikan pemahaman kepada pemerintah dan masyarakat demi membangun Nabire yang bersih, jujur dan bebas dari pungli.

“Semua komponen baik ASN maupun swasta serta masyarakat, diharap mendukung pelaksanaan tugas tim saber pungli agar terhindar dari tindakan kolusi, korupsi dan nepotisme (KKN),” ujarnya seusai sosialisasi dan supervisi tim saber pungli di gedung Guest House Nabire, kemarin.

Pemkab Nabire Gandeng Tim Saber Pungli

Menurutnya, kegiatan sosialisasi tersebut sangat positif karena memiliki dampak yang luas dalam upaya Pembangunan Nabire yang lebih baik.

Dirinya menilai bahwa sosialisasi dan supervisi tim saber pungli Pemkab Nabire bisa memberikan pengetahuan kepada ASN dan masyarakat dalam meningkatkan pelayanan dan membangun kepercayaan publik pada aparat pemerintahan. Terlebih lagi, keberadaan Satgas Saber Pungli dibentuk berdasarkan amanat Peraturan Presiden (Perpres) nomor 87 tahun 2016.

“Ini adalah amanat yang harus dijalankan.  Sehingga satgas saber pungli Pemkab Nabire harus memiliki pengetahuan tentang pencegahan dan penindakan. Kita berharap agar Satgas ini dapat bekerja dengan baik dalam rangka menciptakan Pemerintahan yang bersih dan jujur,”jelasnya.

Hal senada diutarakan Kapolres Nabire AKBP Sonny Sanjaya mengungkapkan gerakan saber pungli tidak hanya dilakukan di luar institusi penegakan hukum, tetapi juga mengarah pada lembaga hukum itu sendiri.

“Tugas dan wewenang Satgas Saber Pungli Pemkab Nabire membangun sistem pencegahan dan pemberantasan pungutan liar. Diantaranya: melakukan pengumpulan data dan informasi, melaksanakan operasi pemberantasan, operasi tangkap tangan, serta merekomendasikan pembentukan saber pungli di setiap instansi Negara,”terangnya.

Dalam sosialisasi ini, dibahas kembali tugas utama Tim Saber Pungli serta kelompok kerja yang berada didalamnya baik kelompok kerja pencegahan, penindakan, yustisi serta intelijen.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Ketua Tim UPP Saber Pungli Papua, Saring SH MH, Kapolres Nabire, AKBP Sony Sanjaya S.IK, perwakilan dari Polda Papua, perwakilan dari Kejaksaan Tinggi Papua, perwakilan Inspektorat Provinsi Papua, perwakilan Kodim 1705/Paniai, perwakilan Kejaksaan Negeri Nabire, para Pimpinan SKPD, unsur TNI/Polri, dan tamu undangan.